Niat Qurban

14 Nov

Niat adalah inti dari segala perbuatan, sebagaimana yang di sabdakan Rosulullah : “Segala amal perbuatan tergantung dari niatnya”. Niatlah yang menjadikan amal ibadah diterima ataupun ditolak disisi Allah meskipun dalam melakukan hal yang sama. Namun apakah niat berupa lafadz yang harus diucapkan ataukah sesuatu yang muncul dari dalam hati? Memang sebagian masyarakat kita dalam melaksanakan ibadah ada yang memulainya dengan niat yang diucapkan atau dilapalkan.

Menurut para ulama bahwasanya niat itu didalam hati, tidak diucapkan dengan lisan, dan Rosulullah pun tidak pernah mengajarkan niat yang dilapalkan. Jadi alangkah lebih baiknya jika hal-hal yang tidak diajarkan oleh Rosulullah untuk ditinggalkan, dikhawatirkan akan terjerumus kepada sesuatu yang mengada-ada dalam agama.

Begitupun dengan ibadah qurban, tidak ada niat khusus yang harus diucapkan, dan hal ini tidak pernah diajarkan oleh Rosulullah. Sebaliknya Rosulullah hanya mengajarkan do’a-do’a yang diucapkan ketika melakukan ibadah qurban seperti mengucapkan “ Bismillahi Wallohu Akbar Allohumma Taqobbal Minnii”. (Dengan nama Allah yang maha besar, Ya Allah terimalah qurban kami).

Baca juga tentang Doa Qurban.

Satu Tanggapan to “Niat Qurban”

Trackbacks/Pingbacks

  1. Doa Qurban « Sedia 12,000 kambing 700 sapi untuk ibadah qurban Anda - 22/11/2009

    […] Silahkan baca juga tentang niat qurban. […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: